Sejauh mata memandang…

Perjalanan hidup selalu dilukiskan tidak mudah. Banyak ups and downs, jatuh dan bangun. Paling tidak, begitulah yang sering dikatakan orang, baik yang sudah banyak makan asam garam maupun yang masih hijau sekalipun.
Well, itu manusiawi, namun tak disangkal, itu penuh relativitas. Dimanapun kita berada, menjadi bagian dari mayoritas atau menjadi minoritas, bagiku, sama saja. Hidup tetaplah hidup. Mau dianggap itu mudah atau susah, senang atau sedih, itu hanyalah pilihan persepsi.
Manusia tetaplah hanya manusia, dibalik ketegaran dan kelebihannya, pastilah ada kelelahan dan kekurangannya. Demikian pula sebaliknya, dibalik ketidaksempurnaan, pastilah ada sisi positif yang membuat setiap manusia itu unik.
Berbicara tentang kehidupan jelas bukanlah levelku; aku masih anak baru meski aku bukanlah baru saja lahir. Hanya saja, aku merasa, I never stay the same everyday, meski disisi lain, aku tetaplah manusia yang sama yang pernah kamu temui. Tetapi, secara karakter dan psikologi, I think I’m changing, tanpa kusadari. Dan semoga perubahan itu adalah hal yang semakin positif (amin).
Menjadi manusia yang bisa menghargai dan dihargai manusia, sometimes, it’s not an easy job. Apalagi orang datang dan pergi dalam hidup kita semakin cepat, baik dalam bentuk friendship baru dan menjadi jauh, ataupun kelahiran dan kematian. Tapi ujung-ujungnya tetaplah sama: kita datang ke dunia ini sendiri, dan juga akan meninggalkan dunia ini sendiri. Dengan kata lain, hanya diri kitalah yang paling responsible terhadap hidup kita.
Aku yakin ini bukanlah tulisan yang random. Ini hanyalah pemikiran, bagaimana kita harus selalu memotivasi diri kita untuk terus bergerak, move on, selama napas ini masih ada. Lelah boleh menjadi alasan untuk rehat sejenak, tapi bukan menjadi motivasi untuk lari dari situasi. Well, situasi, disadari atau tidak, kita sendirilah yang menciptakan situasi itu.
Itulah yang kumaksud dengan title ini : sejauh mata memandang, tetaplah kita yang mengontrol dan mempengaruhi hidup kita sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s