Nikmatnya Ramadhan 1431 H

Hi all, cuman sekedar pengen update blog aja nih…daripada mangkrak ga jelas, hehe…

umm…actually masih bingung mo update pake topik apaan, tapi, let it flow aja deh, biar aja otak kanan lagi mikir apa, asal aku ketik aja kali ya…meski aku mengetik ini dalam keadaan agak-agak pusing, kadang berkunang-kunang, but I am enjoying my activity now…hehe… meski disambil ngetweet, sms, sama chat, hahahaha…maklum anak muda getoo *kaya bahasa ababil aja deh ya, cabe dee*

ok ok, mulai serius ngetiknya…*mulai mikir topik*…

Saat aku mengetik post ini, adalah hari ke-27 bulan Ramadhan 1431 Hijriyah. Allahu Akbar, akhirnya aku bisa menjumpai bulan ini. Alhamdulillah lagi, sebagian besar waktu Ramadhan di tahun ini pas jatuh di waktu liburan perkuliahan, karena aku bekerja di dunia akademik. Paling tidak sebagian besar taraweh bisa aku ikuti secara berjamaah di masjid, karena malam hari tidak perlu ribut mempersiapkan materi perkuliahan untuk keesokan harinya (hehehe…beginilah dosen muda, tiap mau ngajar masih ribet cari bahan dan belajar giat :D).

InsyaAllah, aku juga berusaha untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, tiap pagi aku usahakan membaca Al-Ma’tsurat dan/atau Yassin, meski artinya surat2 dan doa2 tersebut sampai saat ini belum aku renungkan dan aku resapi sepenuhnya. Kemudian aku berusaha menjalankan sholat Dhuha, meski aku belum hapal benar doa Dhuha😦. Serta tiap malam aku selalu berusaha shalat lail meskipun relatif sebentar, hanya 2-4 rakaat. Kalau sedang browsing, aku juga berusaha mencari artikel2 islami yang bisa menyegarkan rohaniku..kadang2 aku membaca Al Qur’an (meski masih belum sempat mengkhatamkan lagi kali ini, sedih, merasa kurang gigih meluangkan waktu, T.T ). Tiap ngabuburit atau menunggu subuh, selalu memilih channel TV yang berisi dakwah, entah dari Pak Quraish Shihab, Abu Sangkan, Zainuddin M.Z, atau ustadz2 lainnya yang belum aku hapal namanya, hehe. Ya Allah, alhamdulillah….

Selain itu, Ramadhan kali ini adalah Ramadhan yang paling spesial bagiku dibanding Ramadhan-Ramadhan sebelumnya. Di bulan ini ada beberapa cobaan yang belum pernah aku alami sebelumnya, mulai dari urusan kantor, urusan kolega, urusan teman, dan urusan keluarga; baik yang berbentuk masalah kecil, ketidakjelasan, hingga yang amat dekat dengan fitnah. Sakit hati dan menangis, aku pikir itu respon yang “natural” apalagi bagi seorang perempuan kaya aku (hehehe…). Tapi entah mengapa, dengan mendekatkan diri kepadaNya, aku bisa memberikan respon yang menurut aku adalah respon paling “bijak” yang pernah aku lakukan, yaitu meng”ikhlas”kannya. Ikhlas atas segala cobaan yang datang, namun menganggap cobaan tersebut sebagai “suplemen” atau “multivitamin” untuk segera bangkit. Aneh tapi nyata, cukup dengan “ikhlas” aku benar2 bisa menyadari, bahwa percuma saja kita terlarut dalam perasaan sedih maupun sulit. Life must go on!! You will never die if you keep trying. God always loves us, so we have to always love Him. Betapa besar kekuatan hati yang IKHLAS, subhanallah….

Dan, di Ramadhan kali ini, aku memperoleh pengetahuan banyak hal mengenai masalah hidup, baik yang disampaikan oleh beberapa orang teman2ku yang hanya sekedar berbagi “permasalahan”nya padaku, cuman sharing. Kadang aku sedih, aku tidak bisa membantu banyak memberikan solusi pada temanku yang sedang mengalami cobaan, karena memang….cobaan dia cukup kompleks.. Kadang pula aku juga belajar mengenai kehidupan dari mahasiswa2ku, meski secara usia mereka lebih muda dariku, namun seringkali mereka bisa memberiku inspirasi2 hidup yang lain diluar dunia akademis. Thanks to my students🙂.

Selain itu, di Ramadhan kali ini aku juga mendapatkan lingkungan baru, lingkungan pertemanan yang bisa mensupport aku supaya aku bisa terus survive, insyaAllah. Allah selalu Maha Adil.

Mungkin bagi yang membaca posting ini, hal-hal yang aku lakukan dan aku lalui selama Ramadhan bukanlah hal yang istimewa (emang ndak ada yang istimewa sih ya, i’tikaf aja belum sempet, hiksss), tapi entah mengapa hal tersebut meskipun sangat sederhana serasa memiliki efek yang luar biasa bagiku. Jiwaku terasa lebih segar, dan lebih tegar, insyaAllah. Jika di dunia akademik kita selalu berbicara mengenai proses pembelajaran (hehe..maklumlah, latar belakang pekerjaanku kan dunia akademik :P), maka Ramadhan kali ini adalah proses pembelajaran dalam hidupku yang luar biasa.

Semoga tidak hanya aku saja yang menikmati Ramadhan ini. Semoga seluruh umat muslim didunia juga merasakan hal yang minimum sama denganku :)….

Asyhadu alla ilaha ilallah wa asyhadu anna Muhammadan abduhu wa rasulullahu…

Alhamdulillahirobbil ‘alamin

ok Guys, that’s all curcolan tentang Ramadhan yang aku lalui, praktis tinggal 3 hari untuk Ramadhan 1431 H berakhir…sedihh..karena merasa belum optimal memanfaatkan waktu satu bulan yang terasa sangat begitu singkat T.T…

Selain sekedar share, posting blog ini juga bertujuan supaya dapat menjadi reminderku, dalam database online-ku, supaya jika aku masih diijinkan untuk bertemu Ramadhan berikutnya, Ramadhan tersebut harus jauh lebih baik dari sekarang..

OK, have a great day my readers🙂

Thank you for visiting my blog🙂

3 thoughts on “Nikmatnya Ramadhan 1431 H

  1. Wah ini blog yang ke-berapa yah??

    Semoga intens menulis ya mbak, karena sebenarnya ilmu itu kurang berguna klo disimpan saja. Kan klo dah banyak bisa dibikin buku.

    Saya pun juga masih belajar banyak hal, semoga ikhtiar mbak selalu dikabulkan oleh-Nya.

    Wassalam

    1. halo adit!
      iyaa…pengen menulis, tapi mesti terbentur masalah klasik : sulitnya nyari waktu yang pas😦 !
      Amin…semoga ikhtiar kita dikabulkan oleh Allah SWT.
      mungkin kita kapan2 perlu sharing tulisan, atau sharing knowledge, apapun itu, supaya mempercepat proses belajar kita🙂
      btw, kalo ga salah ini account blog ke-3, hehe

Leave a Reply

